Program Java Menghitung Luas Persegi Panjang

By | Maret 23, 2020

Kembali lagi saya membagikan contoh-contoh program sederhana untuk teman-teman bisa mempraktekan dan memahami alur program dengan mudah. Kali ini mengenai program java untuk menghitung luas persegi panjang dan juga keliling-nya.

Program ini termasuk dalam konsep sekuensial dimana program akan mengeksekusi setiap instruksi dari baris per baris. Biasanya contoh program seperti kita belajar pada matakuliah algoritma dan pemrograman dasar. Selain java program menghitung luas persegi panjang juga dapat dibuat pada bahasa pemrograman C++, PHP dan Phyton.

Rumus Luas Persegi Panjang

Menurut sumber dari wikipedia Persegi panjang merupakan bangun datar dua dimensi yang terbentuk dari dua pasang rusuk yang keduanya sama-sama panjang dan sejajar. Bagian rusuk terpanjang disebut panjang (p) dan bagian rusuk terpendek disebut lebar (l).

rumus luas persegi panjang
Luas Persegi Panjang = Panjang x Lebar

Algoritma

  • Mulai
  • Inisialisasi variabel panjang, lebar dan luas
  • Masukan nilai panjang
  • Masukan nilai lebar
  • Hitung luas=panjang*lebar
  • Tampilkan Luas
  • Selesai

Flowchart

flowchart menghitung luas persegi panjang

Program Java

import java.util.Scanner;

public class Menghitung_luas_persegi_panjang {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input=new Scanner(System.in);

        int panjang, lebar, luas;
      
        System.out.println("PROGRAM JAVA MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG : ");
        System.out.println("-----------------------------------------------");

        System.out.print("Masukan Panjang      : ");
        panjang=input.nextInt();
        System.out.print("Masukan Lebar        : ");
        lebar=input.nextInt();
        
        luas=panjang*lebar;

        System.out.println("Luas Persegi Panjang : "+luas);
    }  
}

Penjelasan Program:

Pada program diatas kita mengimport class scanner yang berada di dalam library java, class tersebut berfungsi untuk proses input saat program berjalan. Selanjutnya kita membuat sebuah objek dengan nama input yang mengacu pada class scanner tersebut.

Terdapat tiga variabel yang dibuat yaitu: panjang, lebar dan luas masing-masing dengan tipe data integer (bilangan bulat) kita juga bisa menggunakan tipe data double atau float jika menggunakan bilangan desimal.

Saat program dijalankan user akan memasukan nilai panjang dan lebar dari perintah input.nextInt(); perintah tersebut diambil dari objek input yang diinisialisasi dalam class scanner dengan menggunakan method nextInt() method ini akan khusus hanya menerima inputan dengan tipe integer. Jika variabel yang digunakan bertipe double atau float gunakan method nextDuble() dan atau nextFloat().

Selanjutnya akan dihitung luas persegi panjang dengan rumus luas=panjang*lebar; lalu kemudian dicetak, jika dijalankan hasil outputnya seperti gambar berikut:

program java menghitung luas persegi panjang

Bagaima Jika Ingin Menghitung Kelilingnya ?

Dari program diatas kita bisa modifikasi dengan menambahkan fungsi untuk menghitung keliling luas persegi panjang dengan rumus

Keliling Persegi Panjang = 2 x (panjang+lebar) 

Kalian hanya perlu menambah variabel baru dengan nama keliling, lalu hitung dengan rumus diatas dan kemudian tampilkan hasilnya.

Sekian pembahasan singkat kali ini mengenai program java menghitung luas persegi panjang, semoga bermanfaat buat teman-taman yang sedang belajar bahasa pemrograman java.