Contoh Program Java Menghitung Luas Lingkaran

By | Maret 21, 2020

Kelasprogrammer.com kali ini membahas mengenai program java untuk menghitung luas lingkaran. Buat teman-teman yang mungkin saat ini sedang menempuh studi dan belajar bahasa pemrograman java, pasti akan sering mendapat tugas untuk membuat program-program sederhana untuk menyelesaikan suatu permasalahan, misalnya saja untuk menghitung luas segitiga dan lainnya.

Program ini adalah program yang sangat sederhana dimana menerapkan konsep algoritma sekuensial tanpa menggunakan fungsi perulangan atau percabangan. Yang penting kalian perlu memahami dasar pemrograman java seperti penggunaan class, variabel, tipe data dan lainnya.

Untuk menghitung luas lingkaran tentunya kita harus mengetahui terlebih dahulu rumusnya, berikut ini adalah rumus luas lingkaran:

Rumus Luas Lingkaran

Luas lingkaran = π × r²

Keterangan:

π = 22/7 atau 3,14
r = jari-jari lingkaran

π (Phi) adalah sebuah konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya. Sementara jari-jari lingkaran merupakan jarak antara titik pusat lingkaran dengan tepinya.

Pada program yang akan kita buat nilai phi yang diguanakan adalah 3,14 dengan asumsi jari-jari lingkarang sudah kita ketahui, jadi kita hanya tinggal mencari luas lingkaran berdasarkan rumusnya.

Algoritma Menghitung Luas Lingkaran

  • Mulai
  • Inisialisasi variabel phi dengan nilai 3.14, jari-jari (r), dan luas.
  • Masukan Jari-jari
  • Hitung luas lingkaran= phi x r x r atau phi x r2
  • Tampilkan luas lingkaran
  • Selesai

Flowchart Menghitung Luas Lingkaran

flowchart menghitung luas lingkaran

Program Java Menghitung Luas Lingkaran

import java.util.Scanner;

public class Menghitung_luas_lingkaran {
    public static void main(String[] args) {

       //Inisialisasi objek input dari class scanner
       Scanner input=new Scanner(System.in);

       //Deklarasi variabel
       double luas, phi=3.14;
       int r;

       //Input nilai jari-jari
       System.out.print("Masukan Jari-jari : ");
       r=input.nextInt();

       //Menghitung luas lingkaran
       luas=phi*r*r;

       //Tampilkan hasil
       System.out.println("Luas Lingkaran = "+luas);
    } 
}

Penjelasan Program:

Pada program diatas kita menggunakan fungsi scanner untuk proses input saat program dijalankan. Kita membuat objek dengan nama input yang mengacu ke class scanner (lihat pada baris program no 5).

Pada program ini kita membuat 3 variabel yaitu variabel luas dan phi menggunakan tipe data double (untuk bilangan desimal), variabel phi kita set sebagai variabel konstanta dengan nilai 3,14. variabel yang ketiga adalah r (jari-jari) untuk menampung nilai jari-jari lingkaran yang akan dimasukan oleh pengguna.

Selanjutnya user akan memasukan nilai r lewat sintak r=input.nextInt(); sintak ini merupakan objek input yang telah kita inisialisasi di dalam fungsi main() yang mengacu pada class scanner. nextInt() merupakan fungsi didalam class scanner yang menerima nilai inputan dengan tipe integer.

Selanjutnya terdapat rumus luas=phi*r*r; rumus ini adalah rumus luas lingkaran nantinya nilai phi (3,14) akan dikalikan dengan jari-jari kuadrat. Terakhir sintak System.out.println(“Luas Lingkaran = “+luas); akan mencetak kalimat “Luas lingkaran = “ dengan menampilkan hasil perhitungan rumus luas lingkaran.

Hasil Output Program:

program java menghitung luas lingkaran

Perhatikan dari hasil ouput diatas saya memasukan jari-jari dengan nilai 5 maka jika kita hitung berdasarkan rumus luas lingkaran maka didapat

Luas lingkaran = π × r²
               = 3,14 x 5²
               = 3,14 x 25
               = 78,5

Kesimpulan

Sekian pembahasan kali ini menganai contoh program java untuk menghitung luas lingkaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas sekolah/kuliah, Terimakasih.