Program Java Menampilkan Bilangan Ganjil dan Genap

By | Maret 25, 2020

Hallo sahabat programmer, kembali lagi kali ini saya membagikan artikel mengenai program java untuk menampilkan bilangan ganjil dan genap. Program seperti ini sudah pernah saya buat di bahasa pemrograman PHP maupun C++. Cara dan teknik algoritma-nya pun sebetulnya sama kalian hanya perlu melakukan operasi modulus pada suatu bilangan dengan bilangan lainnya. Contohnya jika suatu bilangan dilakukan operasi modulus dengan bilangan 2 jika dari operasi tersebut tidak menghasilkan sisa pembagi atau dengan kata lain 0, maka sudah dapat dipastikan bahwa bilangan tersebut adalah bilangan genap. Sebaliknya jika menghasilkan sisa pembagian atau tidak sama dengan 0, maka bilangan tersebut adalah bilangan ganjil.

Didalam bahasa pemrograman java operasi modulus menggunakan simbol % yang termasuk dalam kategori operasi aritmatika, perhatikan contoh penggunakannya seperi berikut ini:

public class Modulus {
    public static void main(String[] args) {
      int x = 5;
      int y = 2;
      System.out.println(x % y);
  }
}

Hasil Output

1

Coba perhatikan pada program diatas saya membuat variabel x dengan nilai 5 dan y dengan nilai 2. Kemudian saya mencetak dari hasil operasi x mod y yang artinya 5 mod 2 menghasilkan sisa pembagian 1, sehingga yang menjadi output dari program tersebut adalah 1.

Bagaimana jika nilai x kita ganti dengan 4 ? Hasilnya adalah 4 mod 2 = 0 (tidak menghasilkan sisa pembagian).

Dari contoh diatas dapat kita simpulkan bahwa semua bilangan ganjil jika dilakukan operasi modulus 2 pasti akan menghasilkan sisa pembagian, sementara bilangan genap tidak menghasilkan sisa pembagian atau 0. Dari konsep ini akan coba kita implementasikan kedalam program java.

Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap di Java

Algoritma

  • Mulai
  • Deklarasi variabel bil
  • Masukan nilai bil
  • Cek jika bil%2 menghasilkan nilai 0 maka cetak kalimat ‘Bil adalah bilangan genap’ jika tidak tampilkan ‘Bil adalah bilangan ganjil’
  • Selesai

Implementasi Ke Program Java

import java.util.Scanner;
public class Menentukan_bilangan_ganjil_genap {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input=new Scanner(System.in);
        int bil;
        System.out.println("PROGRAM MENENTUKAN BILANGAN HANJIL & GENAP");
        System.out.println("-------------------------------------------------");
        System.out.print("Masukan Bilangan = ");
        bil=input.nextInt();
        
        if (bil%2==0){
            System.out.println("Bilangan "+bil+" adalah bilangan genap");
        }else {
             System.out.println("Bilangan "+bil+" adalah bilangan ganjil");
        }
    
  }
}

Penjelasan:

Program diatas kita menerima inputan dari user saat program berjalan sehingga membutuhkan class scanner yang telah tersedia didalam library java dengan cara mengimport class tersebut (import java.util.Scanner). Didalam fungsi main class scanner kita inisialisasi kedalam objek yang bernama input (Scanner input=new Scanner(System.in)).

Program diatas kita membuat variabel bil dengan tipe integer (bilangan bulat)yang nantinya pengguna akan memasukan bilangan dan ditampung divariabel bil.

Terdapat kondisi percabagan IF jika bil%2==0 maka program akan menyatakan bahwa bilangan yang dimasukan tersebut adalah bilangan genap. Sedangkan jika tidak memenuhi kondisi tersebut maka dinyatakan bahwa bilangan merupakan bilangan ganjil.

Contoh output:

menentukan bilangan ganjil genap di java

Menampilkan Deret Bilangan Ganjil genap

Pada contoh program yang kedua kita membuat program untuk menampilkan deret bilangan ganjil atau genap berdasarkan range bilangan yang ingin ditampilkan.

Algoritma Bahasa Natural

Berikut ini adalah algoritma bahasa natural untuk program menampilkan deret bilangan ganjil dan genap:

  • Mulai
  • Inisialisasi variabel pilihan, awal dan akhir
  • Masukan pilihan
  • Masukan nilai awal
  • Masukan nilai akhir
  • Jika pilihan adalah 1 maka dilakukan perulangan dimulai dari nilai awal dan berakhir pada nilai akhir (pilihan 1 merupakan pilihan untuk menampilkan deret bilangan ganjil).
  • Dalam proses perulangan tersebut, jika nilai dilakukan operasi modulus 2 menghasasilkan sisa pembagian atau tidak sama dengan 0 (nilai%2!=0) maka cetak nilai tersebut.
  • Jika pilihan adalah 2 maka dilakukan perulangan dimulai dari nilai awal dan berakhir pada nilai akhir (pilihan 2 merupakan pilihan untuk menampilkan deret bilangan genap).
  • Dalam proses perulangan jika nilai dilakukan operasi modulus 2 tidak menghasilkan sisa pembagian atau 0 maka cetak nilai tersebut (Bilangan yang menghasilkan sisa bagi 0 adalah bilangan genap).
  • Selesai

Implementasi Program Java

import java.util.Scanner;
public class Menampilkan_bilangan_ganjil_genap {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input=new Scanner(System.in);

        int pilihan, awal, akhir;
    
        System.out.println("PROGRAM MENAMPILKAN DERET BILANGAN HANJIL & GENAP");
        System.out.println("-------------------------------------------------");
        System.out.print("Masukan Pilihan [1. Ganjil] | [2. Genap] : ");
        pilihan=input.nextInt();
        System.out.print("Masukan Nilai Awal : ");
        awal=input.nextInt();
        System.out.print("Masukan Nilai Akhir : ");
        akhir=input.nextInt();
        System.out.println("--------------------------- ");

        switch (pilihan){
            case 1 :  
                    System.out.println("Deret Bilangan Ganjil");
                    for(int i=awal;i<=akhir;i++){
                        if (i%2!=0)
                        System.out.print(i+" ");
                    } 
                    break;
            case 2 :
                    System.out.println("Deret Bilangan Genap");
                    for(int i=awal;i<=akhir;i++){
                        if (i%2==0)
                        System.out.print(i+" ");
                    }
                    break;
        }
        System.out.println("");
    }
}

Penjelasan Program:

Pada program ini kita membuat 3 buah variabel yaitu pilihan, awal dan akhir masing-masing bertipe data integer (bilanga bulat). Pengguna akan memasukan nilai plilihan, awal dan akhir dan ditampung pada ketiga variabel tersebut.

Program ini kita menggunakan struktur pemilihan switch case, kalian juga bisa menggunakan percabangan IF ELSE.

Pilihan yang dimasukan user akan di bandingkan dengan case yang terdapat didalam pemilihan switch case untuk case 1 adalah pilihan untuk menampilkan bilangan ganjil dengan menampilkan deret bilangan menggunakan perulangan for inisialisasi nilai awal adalah i=awal dan nilai i<=akhir jika memenuhi kondisi tersebut maka nilai i akan di cetak namun hanya yang memenuhi kondisi i%2!=0 (kondisi ini untuk mencetak bilangan ganjil). Sementara untuk case yang ke-2 adalah pilihan untuk mencetak deret bilangan genap, caranya sama seperti pada case ke-1 hanya yang menjadi perbedaannya adalah pada kondisi nilai i yang di cetak hanya memenuhi kondisi i%2==0 (kondisi ini untuk mencetak hanya bilangan genap) dari deret bilangan yang ada yaitu dari bilangan awal sampai akhir, sesuai yang dimasukan oleh pengguna.

program java menampilkan bilangan ganjil genap

Sebagai contoh perhatikan hasil output diatas, di gambar yang sebelah kiri saya masukan pilihan 1 (bilangan ganjil) dengan nilai awal 1 dan akhir 10, maka program akan menampilkan deret bilangan ganjil didalam range tersebut, sehingga bilangan ganjil yang dicetak adalah 1 3 5 7 9.

Sedangkan pada gambar disebelah kanan (bilangan genap) saya memasukan pilihan 2 dengan nilai awal 10 dan akhir 30, maka program akan mencetak deret bilangan genap didalam range tersebut, sehingga bilangan ganjil yang dicetak adalah 10 12 14 16 18 20 22 24 26 28 30.

Kesimpulan

Sekian mengenai program ganjil genap di java, dimana kita sudah belajar lewat contoh program untuk menentukan dan menampilkan bilangan ganjil dan genap di java. dengan menggunakan operator aritmatika yakni operasi modulus (%). Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman sekalian, Terimakasih.