2 Contoh Program C++ Bilangan Ganjil dan Genap

By | Maret 13, 2020

Pada situs ini saya akan banyak memberikan contoh-contoh program sederhana untuk beberapa bahasa pemrograman seperti C++, Java, PHP dan Python. Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik masing-masing. kalian bisa pelajari dengan mencoba untuk studi kasus tertentu pada setiap bahasa pemrograman tersebut. Kali ini kita masih belajar C++ lewat contoh program menentukan dan menampilkan deret bilangan ganjil dan genap.

Program untuk menampilkan bilangan ganjil atau genap merupakan program yang sangat mudah dan simple biasanya buat mahasiswa IT pasti ketika belajar algoritma dan pemrograman akan menghadapi contoh kasus ini. So kalau itu benar berarti kalian berada di situs yang tepat, saya akan memberikan contoh dan membahasnya untuk kalian.

Program C++ Menentukan Bilangan Ganjil atau Genap

Pada contoh program yang pertama adalah program untuk menentukan bilangan yang dimasukan oleh pengguna apakah masuk dalam kategori bilangan ganjil atau genap. Suatu bilangan dikatakan bilangan ganjil jika dibagi 2 menghasilkan sisa pembagian , sedangkan bilangan genap adalah bilangan yang jika dibagi 2 tidak menghasilkan sisa pembagian alias 0.

Operasi yang akan kita gunakan adalah operasi modulus. didalam pemrograman C++ menggunakan simbol %. Sebelum kita membuat programnya sebaiknya simak algoritmanya terlebih dahulu:

  • Mulai
  • Deklarasi/Inisialisasi variabel bil
  • Masukan Nilai bil
  • Cek jika bil%2 menghasilkan nilai 0 maka cetak kalimat ‘Bil adalah bilangan genap’ jika tidak tampilkan ‘Bil adalah bilangan ganjil’
  • Selesai

Artikel Terkait : Flowchart Menentukan bilangan ganjil atau genap

#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
	int bil;
	cout<<"Masukan Bilangan : ";
	cin>>bil;
	cout<<endl;

	if (bil%2==0){
		cout<<bil<<" Adalah bilangan genap"<<endl;
	}else {
		cout<<bil<<" Adalah bilangan ganjil"<<endl;	
	}
}

Pada program di atas kita hanya membuat sebuah variabel dengan nama bil. Ketika program di jalankan pengguna akan memasukan nilai yang akan ditampung pada variabel bil. Kemudian akan ada kondisi percabangan if untuk mengecek jika nilai bil dilakukan operasi modulus 2 menghasilkan nilai (sisa pembagian) 0! maka jelas bahwa bilangan tersebut merupakan bilangan genap, sehingga program akan mengerjakan pernyataan pada blok if untuk mencetak kalimat [bil] adalah bilangan genap. Sedangkan sebaliknya jika kondisi tersebut tidak terpenuhi (bernilai false) maka statement pada blok else yang akan dieksekusi.

Hasil Output:

program c++ menentukan bilangan ganjil genap

Menampilkan Deret Bilangan Ganjil Genap

Jika pada program yang pertama menentukan apakah bilangan yang dimasukan user adalah bilangan ganjil atau genap! pada contoh program yang kedua kita menampilkan deret bilangan ganjil atau genap dengan dengan batasan yang ditentukan oleh pengguna. Algoritma programnya adalah sebagai berikut:

  • Mulai
  • Deklarasi variabel pil dan batas
  • Masukan pilihan (1: ganjil dan 2: genap)
  • Masukan Batas deret bilangan yang akan ditampilkan
  • Cek jika pilihan yang dimasukan 1 maka akan menampilkan kalimat ‘Deret Bilangan Ganjil’ dengan menampilkan deret bilangan ganjil sampai pada batas bilangan yang ditentukan
  • Jika pilihan selain 1 menampilan kalimat ‘Deret bilangan genap’ dengan menampilkan deret bilangan genap hingga batas yang dipilih
  • Selesai
#include <iostream>
using namespace std;

int main(){
	int pil,batas;
	
	cout<<"Masukan Pilihan [1.Ganjil] [2.Genap] : ";
	cin>>pil;
	cout<<"Masukan Batas : ";
	cin>>batas;
	cout<<endl;
	
	if (pil==1){
		cout<<"Deret Bilangan Ganjil"<<endl;
		for(int i=1;i<=batas;i++){
		if (i%2!=0)
		cout<<i<<" ";
	      }
	}else {
		cout<<"Deret Bilangan Genap"<<endl;
		for(int i=1;i<=batas;i++){
		if (i%2==0)
		cout<<i<<" ";
	      }
	}
	

}

Pada program diatas kita membuat dua variabel pil untuk menampung pilihan user yang memilih apakah bilangan yang ingin ditampilkan adalah bilangan ganjil atau genap! yang kedua variabel batas untuk menampung nilai batas yang diinput user. Deret bilangan akan di tampilkan hingga bilangan kurang dari atau sama dengan batas yang ditentukan.

Baca juga : Program C++ Menentukan bilangan prima

Pengguna akan memasukan nilai pil dan batas. jika pilihan adalah 1 maka pernyataan pada blok if akan dikerjakan yaitu untuk menampilan deret bilangan ganjil karena kondisi yang dibuat adalah jika nilai i modulus 2 tidak sama dengan 0 itu artinya menghasilkan sisa pembagian, maka dapat dipastikan merupakan bilangan ganjil sehingga nilai i yang dicetak hanyalah yang masuk dalam kategori bilangan ganjil. Sementara jika kondisi bernilai false maka pada pernyataan di blok else lah yang akan di eksekusi dengan menampilkan deret bilangan genap.

Hasil Output

deret bilangan ganjil atau genap

Kesimpulan

Sekian pembahasan kali ini lewat 2 contoh program yag sudah saya bahas diatas semoga bisa membantu teman-teman semua yang sedang belajar. Ingat bahwa bukan hanya di bahasa pemrograman c++ namun dibahasa pemrograman lainnya konsep algoritma untuk menentukan bilangan ganjil atau genap sama seperti yang sudah saya bahas diatas yaitu menggunakan operasi modulus.