Membuat koneksi Database dengan PHP dan MYSQLI

Ditulis Oleh:

Kita dapat membuat koneksi database dengan PHP dan mysqli dengan cukup mudah. mysqli merupakan function untuk kita dapat mengakses database mysql. mysqli pertama kali diperkenalkan sejak versi PHP 5.0.0. Namun baru disertakan pada PHP versi 5.3.0.

Penggunaan mysqli cukup populer dan banyak digunakan untuk pemula yang belajar pemrograman web dengan teknik native PHP. Walaupun menurut saya saat ini teknik native PHP tidak lagi friendly dengan perkembangan teknik pemrogaman seperti PBO (Pemrograman berorientasi objek) ditambah lagi sudah banyak framework PHP yang mengusung konsep MVC (Model view controller) yang didalamnya telah tersedia package yang dibutuhkan dalam mengembangkan aplikasi web. Sehingga kita tidak perlu membuat sebuah aplikasi web dari awal.

Namun buat kalian pemula native PHP harus dikuasai terlebih dahulu sebelum belajar teknik-teknik selanjutnya. Lagi pula blog ini dibat untuk kelas pemula yang ingin belajar web programming.

Kembali ke topik, untuk membuat koneksi database dengan PHP dan mysqli maka ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya

  1. Pastikan kalian telah mempunyai server lokal untuk menjalankan file PHP
  2. Sudah terinstal database mysql pada komputer
  3. Aplikasi text editor seperti notepad atau notepad++ (cukup baik buat pemula)

Untuk membuat server lokal apache dan database mysql yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi xampp. Dengan aplikasi ini sudah tersedia apache dan mysql yang kita butuhkan.

Membuat Database di Mysql

Buat sebuah database baru, disini saya membuat dengan nama akademik

create database akademik;

Untuk membuat database bisa menggunakan dua cara

Kalian bisa membuat database dengan dua teknik dasar tersebut. Bagi saya untuk pembelajaran sebaiknya gunakan melalui CMD ( Command Prompt ) agar kita terbiasa dengan perintah sql.

Membuat file koneksi.php

Setelah database berhasil dibuat, selanjutnya kita buat sebuah file PHP dengan nama koneksi.php

<?php
//Konfigurasi dasar untuk koneksi database
$host="localhost";
$user="root";
$password="";
$db="akademik";

//Fungsi untuk melakukan koneksi berdasarkan konigurasi diatas
$kon = mysqli_connect($host,$user,$password);
if ($kon){
	echo "Database MYSQL <b>berhasil</b> dikoneksikan<br>";
}else {
	echo"Database  MYSQL <b>gagal</b> dikoneksikan<br>";
}

//fungsi untuk memilih database yang akan digunakan
$hasil=mysqli_select_db($kon,$db);
if ($hasil){
	echo "Database $db berhasil dipilih";
}else {
	echo "Database $db gagal dipilih";
}

?>

Sintak diatas saya bagi kedalam 3 blok utama yang pertama adalah konfigurasi dasar seperti menetukan host, disini kita menggunakan server lokal sehingga memakai localhost. Kemudian user kita gunakan user default yaitu root. pada bagian password saya kosongkan karena memang database mysql saya tidak menggunakan password. Selanjutnya untuk nama database saya simpan pada variabel $db dengan nama akademik.

Bagian kedua adalah melakukan koneksi kedatabase MySQL berdasarkan konfigurasi tadi (host,user,password). disini kita menggunakan function mysqli yaitu mysqli_connect dengan 3 parameter yang mengacu pada nilai variabel host,user dan password. Apabila berhasil maka akan menampilkan kalimat Database [nama_database] berhasil dipilih.

Bagian yang ketiga adalah fungsi untuk menentukan database apa yang dipilih. Kita tau didalam database MySQL pasti terdapat banyak database sehingga kita perlu memilih database apa yang akan kita gunakan dengan menggunakan function mysqli_select_db dengan parameter koneksi dan nama database yang ingin digunakan. Kalau didalam perintah sql function ini fungsinya sama dengan perintah:

use akademik;

Bila sudah selanjutnya simpan file tersebut didalam folder htdocs

Catatan : Kalian juga bisa menyimpannya dalam sub folder pada folder htdocs.

Sekarang coba kita jalankan, melalui browser

http://localhost/koneksi.php
koneksi database dengan php dan mysqli berhasil

Apabila berhasil tampilannya akan seperti screenshot diatas. Bila menampilkan gagal kemungkinan masih terdapat kesalahan pada konfigurasi kalian. Harap dipastikan teman-teman mengikuti petunjuk dan langkah-langkah yang saya berikan dari awal.

Sekian tutorial PHP kali ini mengenai cara membuat koneksi database dengan PHP dan mysqli. Semoga bermanfaat bagi kalian semua.

Setiawan Dimas

Interested on Programming, especially on Website Developping.
Have a bachelor degree from STIMIK Akakom Yogyakarta, majoring in Technical Information.
Focus on Content Writer Programming Website and Internet Marketing
Setiawan Dimas