Contoh Program C++Tarif Parkir Kendaraan

By | Maret 16, 2020

Halo sahabat programmer kali ini saya kembali membagikan contoh program tarif parkir dengan menggunakan C++. Artikel ini khusus buat teman-teman yang sedang belajar dasar-dasar pemrograman C++, dengan studi kasus tentang parkir kendaraan sederhana.

Untuk membuat programnya ada beberapa hal-hal dasar yang harus kalian pahami seperti algoritma sekuensial, percabangan IF maupun pemilihan switch case. Untuk lebih memahami studi kasus kita kali ini coba perhatikan algoritma-nya berikut ini:

Algoritma Menentukan Tarif Parkir Kendaraan

  • Mulai
  • Masukan Jenis Kendaraan
  • Jika Jenis kendaraan adalah 1 (mobil) harga parkir Rp.3000 sedangkan harga untuk jam berikutnya Rp.1000/jam
  • Jika jenis kendaraan adalah 2 (motor) maka, harga parkir Rp.2000 sedangkan harga untuk hitungan jam berikutnya Rp.500/jam
  • Masukan Lama sewa /jam
  • Hitung harga parkir dan tambahan harga jika lama sewa > 2 jam
  • Jika lama sewa tidak lebih dari 2 jam maka cukup dihitung harga parkir saja
  • Tampilkan total bayar
  • Selesai

Program C++ Tarif Parkir Kendaraan

#include <iostream>
using namespace std;

int main() {
	//Inisialisasi variabel
	int jenis, lama, harga, tambahan, jam_berikutnya;
	
	cout<<"PROGRAM C++ TARIF PARKIR KENDARAAN"<<endl;
	cout<<"1. Mobil"<<endl;
	cout<<"2. Motor"<<endl;
	cout<<endl;
	cout<<"Masukan Jenis Kendaraan       : ";
	cin>>jenis;
	//Pemilihan dengan switch case
	switch (jenis){
		case 1  : 
			harga=3000;
			tambahan=1000;
			break;
		case 2  :
			harga=2000;
			tambahan=500;
			break;
		default :
			harga=0;		
	}

	cout<<"Masukan Lama Parkir (Per Jam) : ";
	cin>>lama;
	//Kondisi percabangan
	if (lama>2){
		jam_berikutnya=((lama-2)*tambahan);
	}else {
		jam_berikutnya=0;
	}
	//Menampilkan Hasil
	cout<<"------------------------------------"<<endl;
	cout<<"2 Jam Pertama  Rp:"<<harga<<endl;
	cout<<"Jam Berikutnya Rp:"<<jam_berikutnya<<endl;
	cout<<"Total Bayar    Rp:"<<harga+jam_berikutnya<<endl;
}

Penjelasan Program:

Pada program diatas saya membuat dan menjalankan menggunakan aplikasi dev C++, Jika kalian menggunakan aplikasi lain seperti Borland c++ atau lainnya mungkin beberapa sintak sedikit berbeda dan perlu penyesuaian.

Disini saya hanya menyertakan (include) sebuah header yaitu iostream untuk menjalankan proses input/output pada program. Kemudian saya juga inisialisasi namespace std diawal program agar tidak perlu disertakan pada setiap fungsi cout di dalam program.

Pada fungsi utama main() kita membuat 5 variabel yaitu jenis, lama, harga, jam_berikutnya, tambahan. Semuanya memakai tipe data integer (bilangan bulat). Di paling atas program menampilkan output judul dan keterangan kode kendaraan, 1 untuk mobil dan 2 untuk kendaraan bermotor.

Ketika program berjalan user diminta untuk memasukan pilihan jenis kendaraan yang nilainya akan ditampung pada variabel jenis. Untuk menentukan biaya parkir kita menggunakan pemilihan switch case dimana nilai jenis yang dipilih/dimasukan oleh user akan dibandingkan dengan case yang terdapat dalam switch. Jika case 1 bernilai true maka akan diset nilai pada variabel harga=3000 dan tambahan=1000. Sedangkan jika case 2 bernilai true maka akan diset nilai variabel harga=2000 dan tambahan=500.

Pada pemilihan switch tersebut kita membuat perbedaan biaya parkir antara kendaraan roda empat (mobil) dan kendaraan bermotor yang tentunya kendaraan bermotor harus lebih murah dibandingkan dengan mobil.

Selanjutnya pengguna akan memasukan lama parkir jika lama parkir lebih dari dua jam maka akan dihitung biaya tambahan dengan rumus jam_berikutnya=((lama-2)*tambahan); lama sewa akan di kurangi 2 jam pertama lalu kemudian dikalikan dengan biaya tambahan perjam-nya untuk mobil Rp.1000/jam dan motor Rp.500/jam. Sebaliknya jika lama sewa tidak lebih dari 2 jam maka biaya tambahan untuk jam berikutnya tidak perlu dihitung.

Selanjutnya program akan menampilkan harga parkir untuk 2 jam pertama (disesuaikan dengan jenis kendaraan), kemudian biaya tambahan untuk jam berikutnya dan total bayar yang harus dibayarkan dimana total bayar dihitung dari harga parkir+biaya tambahan (jika >2 jam). Sehingga jika dijalankan output program seperti pada gambar berikut ini:

Program C++ Tarif Parkir Kendaraan

Pada contoh output diatas saya memilih jenis kendaraan dengan kode 2 yang artinya motor, saya memarkirkan kendaraan motor selama 4 jam, sehingga keluar biaya parkir untuk 2 jam pertama adalah Rp.2000 dan kemudian untuk 2 jam berikutnya 2 x 500=Rp.1000 sehingga total yang harus saya bayar adalah Rp.2000+1.000= Rp.3000.

Kesimpulan

Sekian pembahasan sederhana mengenai contoh program C++ tarif parkir kendaraan. Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman dalam belajar, silahkan berikan komentar kalian dibawah postingan ini, Terimakasih.