Cara membuat database MySQL dengan phpMyAdmin

Ditulis Oleh:
membuat database mysql di phpMyAdmin

Halo Sahabat kelas programmer, kembali lagi saya membuat konten artikel mengenai cara membuat database Mysql dengan phpMyAdmin. Sebagai info saja bahwa 3 hari lalu saya pernah membuat postingan dengan judul cara membuat database mysql dengan cmd. Pada pembahasan kali ini saya akan menggunakan konsep yang sama, namun dengan cara yang berbeda. Jadi! ini akan sangat menarik untuk dibahas dan melihat bagaimana perbedaan dan keunggulan dari setiap teknik tersebut.

Menurut sumber yang saya baca dari wikipedia, phpMyAdmin merupakan software yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman php. phpMyAdmin digunakan untuk mengelolah terkait administrasi mysql melalui browser kita. phpMyadmin support operasi-operasi mysql seperti mengelolah database, membuat tabel, indeks, relasi, users dan perizinan (permission).

Baca juga :

phpMyadmin banyak digunakan oleh developer web karena kemudahan yang diberikan. Setiap operasi mysql seperti membuat tabel, membuat relasi dan lainnya dapat dengan mudah dilakukan jika dibandingkan dengan memakai cmd (command prompt). Perbedaan yang paling mendasar adalah pada user interface. Jika memakai cmd maka kita dihadapkan dengan layar kerja hitam dan semua bentuk operasi harus menggunakan perintah sql. Hal ini berbeda bila kita menggunakan phpMyadmin semua hal bisa kita lakukan dengan antarmuka berbasis GUI (Graphical User Interface).

Lalu pertanyaannya bagaimana cara menggunakan phpMyadmin untuk membuat dan mengelolah database mysql ? Mari simak pembahasan berikut ini:

Instalasi phpMyAdmin

Untuk menginstal aplikasi phpMyadmin dapat kita instal dengan XAMPP. Ya! Xampp merupakan aplikasi yang menyediakan module seperti apache dan mysql termasuk tools yang dibutuhkan yaitu phpMyAdmin. Silahkan baca postingan saya tentang cara instal xampp. Dalam Artikel tersebut sudah saya bahas langkah-langkah untuk instalasi xamp hingga selesai.

Desain database penjualan

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, kali ini kita akan mencoba belajar membuat database dengan nama penjualan melalui tools phpMyadmin. Untuk memahami konsep databasenya seperti apa? berikut adalah konsep desain database yang akan kita buat.

desain database penjualan

Membuka tools phpMyAdmin

Untuk membuka aplikasi phpMyAdmin saya menggunakan xampp dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Xampp, lalu kemudian klik tombol start untuk module Apache dan Mysql (pastikan status menjadi “running” ditandai dengan warna hijau pada kedua module tersebut).
mengaktifkan module apache dan mysql
  • Selanjutnya klik tombol “Admin” pada module MySQL
control panel xampp
  • Jendela browser akan terbuka dan akan diredirect ke halaman http://localhost/phpmyadmin
interface awal phpmyadmin

Membuat database penjualan

Untuk membuat database penjualan klik tombol “new” pada bagian silebar (sebelah kiri antarmuka aplikasi)

menu silebar di phpmyadmin

Selanjutnya masuk kehalaman membuat basis data isikan nama basis data “penjualan” pada kolom nama basis data kemudian klik tombol “Buat”

membuat database penjualan

Setelah mengklik tombol buat maka kita telah berhasil membuat database dengan nama penjualan. Perhatikan di bagian silebar database penjualan telah berada didaftar database.

Namun terdapat notifikasi yang menunjukan bahwa tabel belum dibuat didatabase penjualan ini. Nah bagaimana cara membuatnya ? Mari kita lanjutkan…

Membuat tabel dengan phpMyAdmin

Untuk membuat tabel masukan nama tabel “pembeli” kedalam kolom nama kemudian masukan jumlah kolom yang sesuai dengan rancangan desain database yang sudah kita buat diatas (tabel pembeli memiliki 5 kolom/fields).

Membuat Tabel Pembeli

membuat tabel pembeli

Selanjutnya setelah diisini kedua kolom isian tersebut klik tombol kirim

membuat tabel pembeli

Pada bagian ini kita membuat setiap field berdasarkan tipe data dan panjang nilai (value) masing-masing. Yang perlu diperhatikan disini adalah pada field id_pembeli kita harus membuat sebagai primary key (kunci utama) dan jangan lupa untuk mencentang A_I (Auto Increment). Sebagai informasi saja auto_increment berfungsi untuk penambahan nilai field secara otomatis oleh sistem, saat kita menambahkan data pada tabel tersebut.

Perhatikan pada struktur tabel pembeli diatas. Pastikan setiap field telah sesuai dengan perancangan struktur pada desain database penjualan.

Membuat Tabel Barang

membuat tabel barang

Langkah-langkah yang sama seperti kita membuat tabel pembeli. Yang harus diperhatikan adalah jenis tipe data yang digunakan untuk setiap field dan khusus untuk id_barang di buat primary key dan auto increment.

deskripsi tabel barang

Membuat Tabel Transaksi

membuat tabel transaksi

Pada tabel transaksi kita membuat 5 fields. field yang pertama adalah id_transaksi dengan tipe data integer dan dipakai sebagai kunci utama dan menggunakan auto_increment. Selanjutnya untuk field id_barang dan id_pembeli juga menggunakan integer. Selanjutnya ada field tanggal dengan jenis date. Terakhir filed keterangan dengan tipe varchar memiliki panjang maksimal karakter 100.

Menambahkan data ke tabel

Untuk menambahkan data kedalam tabel caranya adalah klik nama tabel yang ingin ditambahkan datanya. Lalu klik tombol tambahkan. Isi setiap field pada kolom nilai. Selanjutnya field khusus untuk field id_barang karena menggunakan auto_increment maka tidak perlu diisikan, dikosongkan saja.

menambah data barang

Untuk melihat data yang telah diinputkan klik menu Jelajahi

melihat data ditabel barang phpmyadmin

Langkah-langkah yang sama lakukan untuk tabel pembeli dan transaksi.

Silahkan kalian kembang lagi dan belajar menyesuaikan dengan konsep database yang kalian buat. Artikel mengenai cara membuat database mysql dengan menggunakan phpMyAdmin ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman sekalian.

Setiawan Dimas

Penulis di Kelasprogrammer.com, Senang dengan dunia programming khusus web development. Lulusan Sarjana Teknik Informatika STMIK Akakom Yogyakarta. Ingin berfokus pada Pemrograman web dan Internet Marketing.
Setiawan Dimas

Latest posts by Setiawan Dimas (see all)