Cara menginstal Xampp di Windows

Ditulis Oleh:
cara menginstal xampp

Hallo sahabat Kelas Programmer, kembali lagi saya membahas tentang cara menginstal xampp di windows. Bagi kita yang sedang belajar web programming pasti membutuhkan aplikasi yang satu ini. Mengapa aplikasi xampp begitu penting bagi programmer ? Iya karena tanpa server lokal dan database mysql yang terdapat dalam paket module di aplikasi xampp ini tentu kita tidak dapat menjalankan aplikasi web yang kita buat tersebut.

Kita tau bahwa bahasa pemrograman PHP adalah bahasa pemrograman di sisi server side berbeda dengan html dan atau javascript yang berada di sisi client side. Apa maksudnya berada client side ? Artinya bahwa bahasa pemrograman tersebut dieksekusi di sisi client. Sementara server side adalah bahasa pemrograman yang dieksekusi di sisi server. Sehingga dari pemaham ini kita tau bahwa PHP membutuhkakn sebuah server untuk mengeksekusi program php tersebut. Berbeda dengan html dan atau javascript yang tidak memerlukan server untuk menjalankannya.

Mengenal Aplikasi Xampp

Xampp adalah aplikasi yang dapat dijalankan di sistem operasi windows, Mac dan linux. Nama xampp merupakan kepanjangan dari Apache, mysql dan Perl. Sedangkan untuk huruf X didepannya dimaksudkan sebagai aplikasi yang multi OS (Cross platform) yang dapat dijalankan diberbagai jenis sistem operasi.

Baca juga :

Aplikasi xampp terdiri dari software yang kita perlukan untuk membuat web seperti Apache untuk membuat server lokal, kita mengenalnya dengan localhost. Kemudian database mysql untuk membuat basis data relational. Selanjutnya ada Perl yaitu bahasa pemrograman yang digunakan di sistem operasi linux. Namun menurut saya jika kita mengembangkan aplikasi web melalui sistem operasi windows, maka kita hanya perlu dua module yaitu Apache dan mysql. Sedangkan Perl tidak kita gunakan.

Lalu bagaimana cara menggunakan aplikasi ini ? sangat mudah kita hanya perlu mendownload xampp dan menginstalnya di komputer kita. Ikuti langkah-langkah cara menginstal xampp di windows yang saya bahas dibawah ini

Download XAMPP

Agar kita dapat menggunakan aplikasi xampp kita perlu mendownload di situs resmi klik disini

pilihan download versi xampp

Tekan tombol download pada salah satu versi yang dapat kalian pilih. pada tutorial kali ini saya memilih versi pertama yaitu 7.1.31 dengan versi PHP 7.1.31. Karena komputer saya menggunakan sistem operasi 64 bit maka muncul tombol download (64-bit) sementara jika sistem operasi windows kalian versi 32 bit silahkan disesuaikan.

Selanjutnya ketika kita mengklik tombol download, maka akan masuk ke halaman download. Unduhan akan berjalan tunggu hingga selesai.

Instal XAMPP di Windows

Setelah file berhasil di download, selanjutnya buka file tersebut da masuk ke setup

pemilihan komponen yang diinstal di xampp

Pada tahap pemilihan komponen yang akan diinstall, uncheck list untuk pilihan

  • Mercury Mail Server
  • Tomcat
  • Perl
  • Webalizer
  • Fake Sendmail

Sedangkan yang wajib kalian centang adalah

  • Apache
  • MySQL
  • FileZila FTP Server (Optional)
  • PHP
  • phpMyAdmin

Catatan: Untuk filezila FTP server saran saya tetap diinstall. Software ini berfungsi saat kita ingin mengupload file project kita dari server lokal komputer kita ke web hosting.

Untuk tahap selanjutnya adalah memilih folder instalasi xampp. Secara default folder instalasi yang disarankan adalah C:\xampp. Untuk ditahap ini saran saya pilih instalasi folder default yaitu C:\xampp. Klik tombol next untuk melanjutkan

pemilihan folder instalasi xampp

Pada tahap selanjutnya masuk ke bagian Bitnami for XAMPP. Seperti yang dijelaskan pada tahap ini Bitnami menyediakan instalasi gratis untuk pengguna Drupal, Joomla dan Wordrpress. Karena kita tidak fokus ketiganya saya memilih uncheck list untuk “Learn more about Bitnami for XAMPP“, setelah itu klik next.

bitnami for xampp

Tahap instalasi hampir selesai

siap untuk menginstal xampp

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Proses ini akan memakan waktu kurang lebih 3 menit

progress instalasi xampp di windows

Setelah menunggu instalasi berjalan kurang lebih 3 menit jika prosesnya telah berhasil ditandai dengan tampilan seperti dibawah ini. Langsung saja klik tombol finish.

xampp berhasil diinstal

Selanjutnya masuk ke tahap untuk memiih bahasa yang digunakan pilih radio button untuk bendera Amerika, lalu kemudian klik save.

pilih bahasa xampp

Setelah mengklik save aplikasi xampp akan di jalankan. Berikut adalah interfacenya. Untuk menjalankan lokal server Apache klik tombol Start pada bagian Action.

menjalankan apache di xampp

Akan ada pemberitahuan dari Windows security terkait pengamanan jaringan. Untuk tahap ini langsung saja klik Allow access

pemberitahuan keamanan windows

Untuk mengaktifkan database MySQL klik tombol Start pada bagian action.

menjalankan apache dan mysql di xampp

Mencoba menjalankan localhost & phpMyAdmin

Untuk memastikan instalasi apache untuk server lokal kita telah berhasil diinstal buka browser lalu ketikan localhost di alamat browser tersebut

tampilan dashboard localhost

Akan ada ucapan selamat datang dari XAMPP, artinya bahwa apache berhasil terinstal dengan baik.

Selanjutnya kita mencoba masuk ke phpMyAdmin dengan mengklik menu phpMyAdmin pada bagian kanan atas.

masuk ke phpMyAdmin

Berikut ini adalah tampilan antar muka phpMyAdmin.

antarmuka phpMyAdmin

Selesai sudah cara menginstal xampp di windows. Kalian telah berhasil membuat server lokal dan database myql dengan aplikasi xampp ini. Selanjutnya siap bertempur untuk membuat aplikasi web dengan PHP dan mysql dengan coding-coding dan error yang akan kalian temui.

Baca konten-konten yang saya bagikan di blog ini, Untuk menambah wawasan kalian mengenai dunia pemrograman. Bila ada pertanyaan silahkan sampilkan melalui kolom komentar dibawah.

Setiawan Dimas

Penulis di Kelasprogrammer.com, Senang dengan dunia programming khusus web development. Lulusan Sarjana Teknik Informatika STMIK Akakom Yogyakarta. Ingin berfokus pada Pemrograman web dan Internet Marketing.
Setiawan Dimas

Latest posts by Setiawan Dimas (see all)