Cara Import Database MySQL di phpMyAdmin

Ditulis Oleh:

Kelasprogrammer.com – Kita dapat menginport database melalui file dengan extensi .sql dengan menggunakan tools phpMyAdmin. Dengan cara ini akan memudahkan kita saat kita ingin merestore atau menduplikat database di perangkat lain. Sehingga kita tidak lagi membuat databasenya dari awal. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk cara import database mysql di phpmyadmin.

Baca juga : Cara membuat database di phpmyadmin

Sebelum melanjutkan tutorialnya disini saya asumsikan kalian sudah punya file databasenya ya dalam format ektensi .sql

Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini untuk cara import database di phpmyadmin.

  • Buka Aplikasi Xampp, Aktifkan Module Apache dan MySQL
aktifkan apache dan mysql
  • Klik Tomobol Admin pada module Mysql
  • Jendela browser akan terbuka dan kita diarahkan ke halaman awal daari phpMyAdmin
halaman awal phpmyadmin
  • Untuk import database di phpmyadmin, kalian bisa gunakan database yang sudah ada atau saran saya sebainya buat database baru. Disini saya membuat database dengan nama penjualan. Silahkan sesuaikan dengan database yang akan kalian import ya guys.
membuat database baru
  • Setelah kalian membuat database baru, kita akan diarahakan ke database tersebut
menu import di phpmyadmin
  • Yang pertama yang harus dilakukan adalah kalian sudah masuk ke database yang akan diimport dengan cara mengklik nama database dibagian kiri silebar. Lalu klik tab menu Import dibagian atas halaman.
import dari file sql kedalam database penjualan

Setelah itu kita masuk di menu untuk import kedalam databasenya. Klik tombol browser untuk mengambil file sql dari driver komputer kalian. Setelah itu klik tombol Kirim.

berhasil import database phpmyadmin

Setelah kalian mengklik tombol kirim, maka sistem akan memulai untuk proses import databasenya. Jika tidak mengalami error/kendala maka, aplikasi akan memberikan pemberitahuan ‘Import telah berhasil menyelesaikan [number] kueri eksekusi (nama file database sql kalian)’.

Artikel Lainnya : Cara membuat relasi antar tabel

Kalo dilihat juga dibagian kiri silebar pada database yang kita import, sudah terdapat tabel-tabel hasil import didalamnya.

Kesimpulan

Sekian pembahasan singkat mengenai cara import database di phpmyadmin. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Silahkan baca artikel lainnya mengenai pengelolaan database di phpmyadmin, atau kalian bisa kirim komentar request topik apa yang ingin dibahas melalui kolom komentar dibawah ini, Terimakasih.