Contoh Program Java Menghitung Luas Segitiga

By | Maret 20, 2020

Menghitung luas segita dapat kita implementasikan kedalam bahasa pemrograman java. Sebenarnya bukan hanya java, bahasa pemrograman lainpun bisa! seperti yang sudah saya bahas untuk bahasa C++ pada artikel program C++ menghitung luas segitiga. Sebelum itu kalian perlu memahami dasar algoritma sekuensial karena program ini termasuk program dasar dari penerapan algoritma tersebut.

Rumus Menghitung Luas Segitiga

Luas Segitiga = ½ .a.t

Keterangan:

a = Alas segitiga
t = Tinggi segitiga

Alas merupakan salah satu sisi segitiga, sedangkan tinggi adalah jarak ke titik tertinggi dalam segitiga. Pada program ini diasumsikan kita sudah mengetahui alas dan tinggi segitiga sehingga kita hanya perlu mencari nilai luas segitiga dari kedua variabel yang sudah diketahui.

Algoritma

Berikut ini adalah algoritma untuk menghitung luas segitiga:

  • Mulai
  • Masukan alas segitiga
  • Masukan tinggi segitiga
  • Hitung luas segitiga = (0.5*(alas*tinggi));
  • Tampilkan luas segitiga
  • Selesai

Flowchart

Flowchart merupakan salah satu bentuk penyajian algoritma. Kita akan dengan mudah memahami bagaimana suatu program berjalan lewat setiap instruksi didalam simbol-simbol yang disajikan. Berikut ini adalah flowchart untuk menghitung luas segitiga:

flowchart menghitung luas segitiga

Implementasi Kedalam Program Java

Program ini saya membuat dengan aplikasi netbeans. Aplikasi ini memang sangat dikhususkan untuk pemograman java karena sudah mendukung pengembangan aplikasi berbasis GUI. Selain aplikasi ini ada beberapa aplikasi teks editor yang bisa kalian gunakan seperti notepad, textpad ataupun visual studio code namun harus disertai dengan installer JDK agar mendukung kompilasi code program.

import java.util.Scanner;

public class Menghitung_luas_segitiga {
    public static void main(String[] args) {
        Scanner input=new Scanner(System.in);
        int a, t;
        double luas;
        
        System.out.print("Masukan Alas : ");
        a=input.nextInt();
        System.out.print("Masukan Tinggi : ");
        t=input.nextInt();
        
        luas=0.5*a*t;
        System.out.println("Luas Segitiga : "+luas);
    }  
}

Penjelasan:

Program ini berjalan secara sekuensial tanpa menggunakan fungsi percabangan atau perulangan, dimana program akan mengeksekusi kode baris per baris dari atas kebawah. Program ini akan menerima input secara langsung dari user saat program berjalan. Sehingga kita membutuhkan class scanner yang sudah disediakan oleh java, untuk menggunakannya kita menulis sintak import java.util.Scanner; pada awal baris program nantinya didalam fungsi main() kita membuat objek baru dengan nama input yang mengacu pada class scanner tersebut.

Baca juga : Struktur dasar algoritma

Ada tiga variabel yang akan kita gunakan untuk menampung nilai yaitu variabel a dan t dengan tipe integer (bilangan bulat) dan variabel luas dengan tipe double (bilangan desimal).

Pengguna akan memasukan nilai alas segitiga yang nilainya akan ditampung pada variabel a dan tinggi untuk variabel t. Selanjutnya akan dihitung luas segitiga bedasarkan rumus diatas yaitu luas=0.5*a*t; Kemudian pada sintak beris terakhir kita mencetak hasil dari perhitungan rumus luas segitiga tersebut.

Sebagai contoh berikut ini gambar screenshot program java menghitung luas segitiga ketika di running

program java menghitung luas segitiga

Saya memasukan alas dengan nilai 15 dan tinggi 23, maka program akan menghitung berdasarkan rumus luas segitiga yang kita buat, sehingga menghasilkan luas segitiga dengan nilai 172,5.

Sekian pembahasan singkat mengenai contoh program java menghitung luas segitiga. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang sedang belajar bahasa java.