Contoh Perulangan For, While, Do While pada Java

By | Maret 21, 2020

Pembahasan kali ini kita akan fokus pada 3 bentuk perulangan pada java yang akan sering kita gunakan saat membuat sebuah aplikasi. 3 bentuk perulangan tersebut adalah perulangan for, while dan do while. Bagaimana konsep dan cara penggunaan ketiga perulangan tersebut? simak pembahasan kelasprogrammer.com dibawah ini.

Perulangan For Pada Java

Perulangan for atau looping for termasuk dalam jenis perulangan yang cukup banyak digunakan bukan hanya di java namun dibahasa pemrograman lain seperti PHP, C++ dan Python. Perulangan ini digunakan ketika ingin mengenkseskusi perintah program yang sama dengan jumlah proses perulangan yang sudah diketahui dengan mengacu pada kondisi yang ditetapkan. Bentuk umum perulangan for adalah seperti berikut:

for (nilai_awal;kondisi;modifier){
    pernyataan_yang_diulang;
}

Keterangan:

  • Nilai awal : Bagian dimana kita menginisialisasi nilai awal dimana menjadi titik awal perulangan dimulai.
  • Kondisi : Bagian untuk menetapkan suatu kondisi tertentu, ketika kondisi bernilai benar perulangan akan terus berjalan.
  • Modifier : Bagian dimana kita dapat melakukan penambahan nilai (increment) atau bisa juga penurunan nilai (decrement) pada nilai awal yang telah di inisialisasi.

Setiap instruksi yang terdapat didalam blok perulangan For akan diulang secara terus-menerus hingga kondisi bernilai salah (false).

Contoh:

package perulangan;

public class perulangan_for {
     public static void main(String[] args) {
         for (int i=1;i<=10;i++){
             System.out.print(i+", ");
         }  
    } 
}

Pada program diatas pada perulangan for untuk parameter pertama kita lakukan inisialisasi nilai awal variabel i=1. kemudian kita membuat kondisi i<=10. pada bagian modifier kita melakukan penambahan (increment) nilai i++. Artinya bahwa ketika kondisi bernilai benar nilai i akan ditambahkan 1 begitu seterusnya hingga kondisi bernilai false.

Hasil Output:

1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10

Coba perhatikan dari hasil output diatas instruksi didalam blok for System.out.print(i+”, “); untuk mencetak nilai i terus dilakukan hingga nilai i memenuhi kondisi i<=10.

Mengganti Modifier

Kalo pada contoh pertama kita menggunakan modifier penambahan nilai (+1) dari nilai awal yang diinisialisasi, bagaimana jika kita ingin menambahkan (+2) pada nilai awal tersebut. Coba perhatikan program dibawah ini:

package perulangan;

public class perulangan_for {
     public static void main(String[] args) {
         for (int i=1;i<=10;i=i+2){
             System.out.print(i+", ");
         }  
    } 
}

Pada bagian modifier kita membuat i=i+2 artinya bawha nilai i akan ditambahkan (+2) dari setiap perulangan yang dilakukan.

Hasil output:

1, 3, 5, 7, 9,

Dari hasil output diatas dapat kita lihat bahwa nilai i dilakukan penambahan (+2) pada setiap perulangan yang terjadi, hingga memenuhi kondisi yang ditetapkan bahwa nilai i harus kurang dari atau sama dengan 10.

Perulangan While Pada Java

Perulangan while adalah jenis perulangan yang digunakan ketika kita belum mengetahui jumlah proses perulangan, Banyaknya perulangan ditentukan dari proses inisialisasi dan kondisi yang didefinisikan. Berbeda dengan perulangan for yang sudah dapat kita ketahui jumlah proses perulangan dari kondisi yang ditetapkan.

while (kondisi){
     pernyataan;
}

Keterangan:

  • Kondisi – Sebagai sebuah syarat untuk menghentikan proses perulangan
  • Pernyataan – Bagian instruksi-instuksi program yang akan diulang saat kondisi bernilai benar (true)

Untuk mengehantikan perulangan harus ada suatu perintah yang digunakan untuk mengubah nilai kondisi menjadi false agar proses perulangan dapat berhenti.

Contoh:

package perulangan;
import java.util.Scanner;
public class perulangan_while {
     public static void main(String[] args) {

       Scanner input=new Scanner(System.in);
       int bilangan=1;

        while (bilangan!=0){
            System.out.print("Masukkan Bilangan 0 : ");
            bilangan=input.nextInt();
        }     
    } 
}

Pada contoh program diatas kita menggunakan fungsi scanner untuk pengguna dapat menginput nilai saat program sedang berjalan.

Terdapat variabel bilangan dengan tipe data integer dan nilai awal adalah 1. Kemudian ada perulangan while dengan kondisi bilangan!=0 syarat ini berarti jika nilai yang terdapat di dalam variabel bilangan isi-nya bukan 0 maka perulangan akan terus dilakukan sampai variabel bilangan harus berisi nilai 0. Perulangan dilakukan dengan mencetak kalimat “Masukan Bilangan 0 : ” dimana user akan memasukan bilangan, selama bilangan yang dimasukan oleh pengguna bukanlah 0 program ini akan terus diulang-ulang. Program akan berhenti ketika pengguna mamasukan bilangan 0. Lebih jelasnya lihat hasil output dibawah ini:

contoh perulangan while pada java

Coba perhatikan pada hasil output diatas pada iterasi ke-1 saya memasukan bilangan 1, program akan mengecek apakah 1 tidak sama dengan 0 ? Jawabannya iya benar maka perulangan di lakukan kembali, pada iterasi ke-2 saya memasukan bilangan 4, dicek lagi apakah 4 tidak sama dengan 0 ? iya benar maka program akan diulang terus hingga pada iterasi ke-6 saya memasukan bilangan 0, sehingga ketika dicek apakah 0 tidak sama dengan 0 ? jawabanya salah sehingga kondisi bernilai false maka perulangan while saat itu juga dihentikan.

Perulagan Do While Pada Java

Perulangan Do While merupakan masih saudaraan dengan perulangan while perbedaan dari keduanya adalah jika pada perulangan while kondisi sebagai syarat perulangan yang akan dilakukan di cek pada awal sebelum perulangan dilakukan, jika bernilai benar (true) baru kemudian perulangan dijalankan. Sedangkan pada perulangan Do While perulangan dilakukan terlebih dahulu minimal sekali baru kemudian setelah itu dicek kondisinya, jadi dengan kata lain do While pengecekan kondisinya setelah perulangan dilakukan sementara while sebelum dilakukan.

Bentuk Umum:

do {
    pernyataan;
} while (kondisi);

Pernyataan di dalam blok do {} akan dieksekusi (minimal 1 kali) lalu kemudian akan di cek kondisi-nya. Coba perhatikan contoh berikut:

package perulangan;

public class perulangan_do_while {
     public static void main(String[] args) {
       int bilangan=1;
        do{
            System.out.println(bilangan); 
        }while (bilangan>=5);
    } 
}

Hasil Output:

1

Coba perhatikan contoh program diatas, saya membuat variabel bilangan dengan nilai 1. Kemudian selanjutnya terdapat perulangan do while, dimana program akan mencetak terlebih dahulu nilai pada variabel bilangan lihat pada : System.out.println(bilangan); nilai pada variabel tersebut adalah 1 dan nilai tersebut dicetak, lalu baru setelah itu di cek kondisi apakah nilai pada variabel bilangan dalam hal ini apakah 1 lebih besar dari atau sama dengan 5 ? Jawabannya salah (false) sehingga perulangan dihentikan. Namun karena perulangan do while dikerjakan terlebih dahulu makanya nilai 1 telah dicetak sebelum pengecekan kondisi dilakukan.

Artikel lainnya : Percabangan pada java

Kesimpulan

Dari pembahasan kali ini mengenai perulangan for, while dan do while pada bahasa pemrograman java, dapat saya simpulkan bahwa ketiga bentuk perulangan tersebut dapat digunakan sesuai dengan kondisi masing-masing. Jika kalian ingin melakukan perintah perulangan yang sudah diketahui jumlah proses perulangannya sebaiknya menggunakan for, dan bila melakukan perulangan dengan perbandingan nilai bisa menggunakan perulangan while atau do while.