Mengedit, dan Menghapus Database di phpMyadmin

Ditulis Oleh:

Cara Mengedit dan menghapus database di phpMyAdmin – Halo sahabat programmer sebelumnya kita sudah membahas cara membuat database di mysql dengan phpmyadmin, dimana pada postingan tersebut kita belajar membuat database penjualan dengan beberapa tabel didalamnya. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengedit database yang pernah kita buat dan atau ingin menghapusnya.

Mengapa saya membuat postingan dasar ini ? karena banyak teman-teman yang bertanya dan masih bingung untuk mengedit nama dan menghapus database di phpmyadmin. Langsung saja tanpa berlama-lama, simak pembahasan dibawah ini:

Mengedit Nama Database di phpMyAdmin

Seperti yang kita ketahui terkadang saat kita telah membuat sebuah database, akan ada kemungkinan perubahan yang akan terjadi kedepannya. Seperti misalnnya mengubah nama database, dapat dilakukan dengan tools phpMyadmin. Caranya adalah sebagai berikut:

Sebelumnya, Saya berasumsi kalian sudah punya database yang sudah dibuat ya guys, jika belum silahkan baca pada postingan yang saya beri link diatas.

  1. Klik pada database yang akan diubah namanya
  2. Pilih pada tab Operasi
  3. Kemudian pada bagian ubah nama basis data, pada form isiannya ganti nama database yang lama dengan nama database yang baru. Kemudian selanjutnya klik tombol kirim
  4. Akan ada informasi box dialog yang muncul untuk mengkonfirmasi tindakan anda untuk merubah nama databasenya.
mengedit database di phpmyadmin

Mohon untuk menjadi perhatian teman-teman bahwasanya didalam MySQL tidak terdapat perintah sql untuk mengubah (rename) nama database. Sehingga apabila ingin melakukannya maka sistem akan membuat database baru yang sama persis dengan database lama yang telah kita buat, lalu kemudian sistem akan menghapus database yang lama tersebut. Sehingga terlihat seolah-olah bahwa kita hanya sedang me rename nama database saja.

Baca juga : Cara membuat tabel di phpMyAdmin

Oleh sebab itu bila database kalian masih dalam skala yang kecil kemungkinan tidak mengalamai sesuatu kendala, namun berbeda jika skalanya sudah besar ada kemungkinan terjadi misalnya, ada data yang tidak tercopy secara sempurna. btw ini hanya asumsi saya saja, karena saya sendiri belum pernah mengalaminya. Jika kalian pernah coba koment dibawah ya.

Menghapus Database di phpMyAdmin

Untuk menghapus database sebenarnya dapat kita lakukan dengan dua cara, yang pertama dengan menggunakan perintah sql DROP DATABASE dan yang kedua adalah dengan cara menghapusnya dari tab operasi di tools phpMyAdmin.

Menghapus dengan perintah SQL

Untuk menghapus database kita gunakan perintah DROP DATABASE lalu diikuti dengan nama database yang ingin dihapus.

DROP DATABASE nama_database;

Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar animasi gif berikut:

Menghapus dari Tab Operasi

Cara yang kedua kita bisa menghapus database di menu/tab Operasi. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Klik pada database yang ingin dihapus dibagian silebar sebelah kiri
  2. Masuk pada Tab Operasi
  3. Pada bagian jendela hapus basis data (DROP), diklik maka akan muncul box dialog untuk mengkonfirmasi bahwa anda ingin menghapus basis data tersebut. Langsung klik OKE maka database akan langsung terhapus.

Sekian untuk tutorial Kelas Programmer kali ini mengenai cara mengedit dan menghapus database di phpMyAdmin. Semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman sekalian. Sampai jumpa!