Cara Membuat Relasi Antar Tabel lewat CMD dan phpMyAdmin

Ditulis Oleh:

Kelasprogrammer.com – hari ini masih dalam seri pembahasan database MySQL. Kita akan mempelajari bagaimana cara membuat relasi antar tabel baik melalui CMD (Command Prompt) maupun dengan menggunakan tools phpMyAdmin.

Pengertian Relasi Antar Tabel

Sebelum kita membuat relasi antar tabel, kita perlu memahami dulu konsep dasarnya. Relasi tabel merupakan suatu teknik yang digunakan untuk menghubungkan beberapa tabel didalam sebuah database. Obyek yag dihubungkan merepresentasikan objek yang nyata. Relasi dibuat dengan cara membuat satu kolom pada tabel tertentu dengan nilai yang sama pada kolom tabel lainnya.

Terdapat 3 jenis relasi yang bisa dibuat, yaitu one to one, one to many dan terakhir many to many. Penjelasan mengenai ketiga jenis relasi tersebut akan saya bahas pada artikel yang lain. Intinya saat ini kita fokus saja pada topik mengenai cara membuat relasi antar tabel baik melalui CMD maupun phpMyAdmin.

Mengapa saya memberikan dua cara yang bisa kalian gunakan? Ya karena menurut saya terdapat dua kategori manusia dalam dunia programming. Yang pertama ada yang suka dengan hal yang detail dan rinci walaupun agaknya ribet dan sulit. Tapi ada juga yang lebih mementingkan cara yang mudah yang lebih efisien. Oleh sebab itu saya menulis dua cara ini Sobat bisa memilih sesuai keinginan kalian masing-masing.

Contoh database yang akan kita buat adalah database tentang penjualan. Dimana terdapat 3 tabel; pembeli, transaksi dan barang. Lebih jelasnya perhatikan diagram dibawah ini:

tabel-tabel pada database penjualan

Ketiga tabel tersebut saling berelasi dimana pada tabel pembeli terdapat kunci utama id_pembeli yang menjadi kunci tamu di tabel transaksi. Yang kedua field id_barang sebagai kunci utama di tabel baang menjadi kunci tamu di tabel transaksi.

Cara Merelasikan Tabel di CMD

Untuk membuat relasi antar tabel dengan CMD kita perlu masuk pada aplikasi tersebut. Namun sebelumnya jika kalian menggunakan xampp, pastikan aktifkan module mysql nya terlebih dahulu

xampp diaktifkan

Selanjutnya klik start lalu ketikan ‘CMD’

buka aplikasi CMD

Setelah CMD terbuka ketik : cd c:\xampp\mysql\bin kemudian tekan enter, Perintah ini berfungsi untuk mengarahkan sistem ke direktori mysql kita.

Lalu selanjutnya ketik : mysql -u root, Perintah ini digunakan untuk masuk ke database mysql dengan user root. User root merupakan user default yang ada ketika kita membuat database di mysql.

Masuk ke database mysql

Tahap selanjutnya kita membuat database penjualan dengan perintah CREATE.

create database db_penjualan;

Selanjutnya kita pilih database penjualan untuk kita gunakan dengan perintah USE.

use db_penjualan;

Tahap berikutnya membuat tabel pembeli.

create table pembeli (
id_pembeli int not null auto_increment primary key,
nama_pembeli varchar(30) not null,
jk char(1),
no_telp char(14),
alamat varchar(50)
);

Membuat Tabel barang

create table barang (
id_barang int not null auto_increment primary key,
nama_barang varchar(20) not null,
harga int,
stok int
);

Membuat Tabel transaksi

create table transaksi (
id_transaksi int not null auto_increment primary key,
id_barang int,
id_pembeli int,
tanggal date,
keterangan varchar(100),
CONSTRAINT id_barang FOREIGN KEY (`id_barang`) REFERENCES `barang` (`id_barang`),
CONSTRAINT id_pembeli FOREIGN KEY (`id_pembeli`) REFERENCES `pembeli` (`id_pembeli`)
);

Selanjutnnya, kita membuat tabel transaksi. Pada tabel transaksilah kita buat relasinya. Perhatikan pada sintak:

CONSTRAINT id_barang FOREIGN KEY (`id_barang`) REFERENCES `barang` (`id_barang`),
CONSTRAINT id_pembeli FOREIGN KEY (`id_pembeli`) REFERENCES `pembeli` (`id_pembeli`)

Disintak tersebut kita membuat aturan (rules) untuk membuat id_barang dan id_pembeli sebagai foreign key dari tabel barang dan tabel pembeli.

Cara Merelasikan Tabel di phpMyAdmin

Diatas kita sudah belajar bagaimana merelasikan tabel dengan CMD. Sekang pada bagian kedua kita coba untuk membuat relasi dengan menggunakan tools phpMyAdmin.

Tahap pertama kita perlu buat database dan tabelnya dulu, untuk membuatnya sudah saya bahas pada postingan berikut:

Cara membuat database di phpMyAdmin

Pada tahap ini saya asumsikan kalian sudah membuat database dan tabelnya ya..

Yang pertama, kita harus membuat field foreign key dari tabel transaksi yang dijadikan reference dari field primary key dari tabel barang dan pembeli. Caranya

  • Klik pada tabel Transaksi,
  • Masuk ke tab menu Struktur
  • Klik Index pada field id_barang dan id_pembeli

Akan muncul Box saat kalian mengklik index, sebagai konfirmasi saja bahwa field tersebut akan di index-kan. Klik OK pada konfirmasi tersebut.

konfirmasi index
  • Setelah membuat index tahap selanjutnya kita masuk ke tab desainer, Namun kita harus masuk melalui databasenya (bukan dari tabel).Klik nama database pada bagian kiri silebar, lalu akan muncul daftar semua tabel yang ada pada database tersebut. Jika sudah dipastikan muncul semua tabel, selanjutnya klik Tab Desainer di paling pojok atas sebelah kanan.
masuk ke halaman desainer
  • Setelah mengklik tab desainer kita akan langsung diarahkan ke bagian halaman desainer.
tampilan tabel pada halaman desainer

Disini dapat kita lihat dengan jelas struktur dari masing-masing tabel. Untuk membuat relasi antar tabel, kita berfokus pada menu desainer yang tampil disebelah kiri, yaitu pada pilihan “Buat Relasi” lalu klik dari field primary key yang ada baik di tabel barang maupun pembeli lalu hubungkan ke field yang menjadi foreign key nya di tabel transaksi. Untuk lebih jelasnya lihat pada gambar animasi dibawah ini:

membuat relasi antar tabel di phpmyadmin