Flowchart Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap

By | Maret 12, 2020

Kita dapat menentukan apakah suatu bilangan masuk dalam kategori bilangan ganjil atau genap, cara menentukannya pun cukup mudah jika suatu bilangan dibagi dua tersisa 1 maka bilangan tersebut dikategorikan sebagai bilangan ganjil. Sedangkan suatu bilangan yang jika dibagi dua tidak menyisakan apa-apa atau 0 maka bilangan tersebut masuk sebagai bilangan genap. Kali ini kita akan mencoba menjabarkan algoritma flowchart untuk menentukan bilangan ganjil dan genap.

Untuk menentukan suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau genap kita menggunakan operasi modulus. Operasi modulus adalah sebuah operasi yang menghasilkan sisa pembagian dari suatu bilangan terhadap bilangan lainnya. Contoh 2 mod 2 menghasilkan nilai 0 karena 2 dibagi 2 tidak menghasilkan sisa pembagian alias null. sedangkan jika 3 mod 2 menghasilkan nilai 1 karena 3 dibagi 2 menghasilkan sisa pembagian. Didalam pemrograman operasi modulus menggunakan operator %.

Artikel Terkait : Menentukan bilangan ganjil genap di PHP

Flowchart adalah salah satu bentuk algoritma yang banyak digunakan untuk menggambarkan proses pada suatu sistem yang berjalan. Algoritma digambarkan dalam bentuk simbol-simbol yang memberi arti/makna. Dalam kasus ini ada beberapa simbol yang akan kita gunakan yaitu simbol terminal untuk menunjukan awalan dan akhiran, simbol input/output untuk menunjukan proses masukan dan keluaran , dan simbol proses sebagai simbol kegiatan yang dilakukan komputer.

Algoritma Menentukan Bilangan Ganjil dan Genap

  • Mulai
  • Inisialisasi Variabel bil
  • Masukan nilai pada variabel bil
  • Nilai bil modulus 2
  • Jika menghasilkan 0 tampilkan, ‘Bilangan genap’ jika tidak tampilkan ‘Bilangan ganjil’
  • Selesai

Flowchart

flowchart menentukan bilangan ganjil dan genap

Penjelasan:

Pada flowchart diatas diawali dengan simbol terminal dengan kata ‘mulai’ untuk mengawali proses algortima, kemudian diarahkan ke simbol proses untuk deklarasi variabel dengan nama bil. Selanjutnya ada simbol input dimana pengguna memasukan nilai pada variabel bil. Kemudian terdapat percabangan dengan kondisi variabel bil modulus 2 apakah menghasilkan nilai 0 ? jika kondisi bernilai benar (true) maka tampilkan kalimat ‘Bilangan Genap’ dengan menggunakan simbol output, begitu juga jika bernilai salah (false) menampilkan kalimat ‘Bilangan Ganjil’. Proses akan mengarah pada simbol terminal ‘Selesai’ sebagai tanda berakhirnya proses.

Kesimpulan

Sekian pembahasan kali ini mengenai contoh flowchart menentukan bilangan ganjil dan genap. Semoga bermanfaat buat kalian semua, silahkan pelajari contoh-contoh flowchart lainnya yang sudah saya bahas di situs ini. Silahkan kirim komentar kalian jika ada yang ingin ditanyakan, sampai jumpa terimakasih.