3 Contoh Flowchart Percabangan beserta programnya

Ditulis Oleh:

Contoh Flowchart Percabangan – Percabangan atau kondisi didalam pemrograman merupakan struktur kendali yang akan menjalankan perintah berdasarkan kondisi yang ditentukan. Pada artikel kali ini kita membahas bagaimana proses percabangan berjalan yang gambarkan melalui bagan alir atau flowchart.

Saya juga membuat contoh program PHP berdasarkan flowchar percabangan yang kita buat. Mari simak pembahasan berikut ini:

Contoh Flowchart Percabangan Sederhana

Percabangan sederhana adalah percabangan yang tidak terdapat banyak perintah yang akan dikerjakan, atau kondisi lain yang harus dipenuhi. Biasanya percabangan sederhana hanya memiliki sebuah kondisi. didalam pemrograman kita mengenal percabangan IF ELSE. Berikut ini contoh flowchartnya.

flowchart percabangan sederhana

Penjelasan:

Pada flowchart diatas, kita mulai dari simbol Terminal untuk memulai program percabangan. Kemudian terdapat simbol arue (flow) yang berjalan menuju simbol kondisi (decission) dimana terdapat kondisi yang telah ditentukan yaitu; 2 Modulus 2 hasilnya adalah 0. Apabila kondisi tersebut bernilai benar (true) maka akan menuju pada simbol output untuk menampilkan kalimat ‘Bilangan Genap‘ namun apabila bernilai salah (false) maka akn menampilkan output ‘Bilangan Ganjil‘ kemudian selanjutnya baik kondisi benar(true) maupun salah (false) akan langsung berakhir.

Contoh Program PHP

<?php
if (2 % 2 == 0){
    echo "Bilangan Genap";
}else {
    echo "Bilangan Ganjil";
}
?>

Program diatas menghasilkan output bilangan genap karena memnuhi kondisi 2 mod 2 adalah 0. karena bernilai true maka output bilangan genap yang ditampilkan.

Percabangan Bersarang

Perca bersarang merupakan percabangan yang memiliki lebih dari satu kondisi. Percabangan bersarang biasanya kita gunakan IF ELSE IF. Pada contoh flowchart dibawah ini menunjukan percabangan dengan lebih dari satu kondisi.

contoh flowchart percabangan bersarang

Flowchart diatas menggambarkan proses untuk menentukan kategori usia berdasarkan umur. Terdapat 4 buah kondisi yang masing-masing mempunyai ketentuan yang harus dipenuhi untuk menentukan apakah seseorang masuk pada kategori usia anak-anak, remaja, dewasa parubaya atau usia Tua (lansia).

Alur flowchart diatas dapat saya jelaskan seperti berikut :

Apabila seseorang memiliki umur dibawah atau sama dengan 10 tahun maka dia dikategorikan sebagai usia Anak-anak, Sementara bila kondisi tersebut tidak terpenuhi maka proses akan berjalan pada kondisi berikutnya, kondisi kedua akan mengecek apakah umur kurang dari atau sama dengan 18 tahun? jika ya maka dikategorikan sebagai usia remaja, namun jika tidak akan lanjut pada percabangan selanjutnya hingga selesai.

Contoh Program PHP

<?php

$umur=35;

if($umur<=10){
    echo "Anak-anak";
} elseif ($umur<=18){
    echo "Remaja";
}elseif ($umur<=35){
    echo "Dewasa";
} elseif ($umur<=65){
    echo "Parubayah";
} else {
    echo "Tua";
}

?>

Program diatas menghasilkan output Dewasa karena umur yang dideklarasikan pada variabel $umur adalah 35. dan umur 35 masuk pada kategori usia dewasa.

Flowchart Percabangan Kompleks

Selanjutnya Bagan alir Terakhir akan lebih kompleks dibandingkan dengan yang sebelumnya. yang mana didalam sebuah percabangan terdapat percabangan lainnya. Biasanya digunakan untuk mengambil sebuah keputusan berdasarkan beberapa kondisi yang harus terpenuhi.

Berikut adalah flochart untuk menentukan apakah seseorang penduduk di kategorikan sebagai penduduk miskin atau tidak.

Alur dari flochart diatas yang pertama akan di cek dulu apakah umurnya diatas atau sama dengan 18 tahun jika iya, maka di cek lagi apakah orang tersebut mempunyai pekrjaan, jika ya maka akan kembali di cek apakah pendapatannya kurang dari 500rb untuk setiap bulannya, jika Ya maka penduduk tersebut dapat disebutkan sebagai penduduk miskin. Selain itu penduduk yang tidak bersekolah pada usia sekolah pun dapat dikategorikan sebagai penduduk miskin.

Penduduk yang tidak dikategorikan sebagai penduduk miskin adalah mereka yang bekerja dengan pendapatan diatas 500rb/bulan. Atau penduduk usia produktif walaupun tidak bekerja namun sedang menempuh pendidikan sekolah/kuliah sebagai penduduk yang tidak masuk pada kategori miskin.

Contoh Program PHP

<?php

$umur=20;
$Bekerja='YA';
$pendapatan=600000;
$sekolah='YA';

if($umur>=18){
	if ($bekerja='YA')
	{
		if ($pendapatan<=500000)
		{
			echo "Penduduk Miskin";
		}else {
			echo "Penduduk Tidak Miskin";
		}		
	}else {
		if ($sekolah='YA')
		{
			echo "Penduduk Tidak Miskin";
		}else {
			echo "Penduduk Miskin";
		}
			
	}
}
?>

Program diatas menghasilkan output ‘penduduk tidak miskin’ karena orang tersebut berusia 20 tahun (usia produktif) dan telah bekerja dan memiliki pendapatan diatas 500rb per bulan. Sehingga orang tersebut dikategorikan sebagai pendudu tidak miskin.