Cara Menggunakan Checkbox di PHP

Cara Menggunakan Checkbox di PHP – Checkbox adalah salah satu komponen HTML yang dapat kita gunakan untuk memilih satu atau beberapa item dengan cara mengklik checkbox yang dikehendaki. Sebelumnya saya sudah membagikan pada postingan cara membuat checkbox di html. Pada postingan tersebut kita telah belajar penggunaan checkbox beserta atribut yang digunakan. Saran saya jika kalian belum begitu memahami fungsi penggunaan checkbox, dapat kalian baca pada postingan itu terlebih dahulu.

Oke, Kali ini kita akan coba menggunakan checkbox di PHP, berdasarkan contoh checkbox yang kita buat di html, akan diimplementasi dengan menggunakan PHP. Cara kerjanya adalah user akan memilih beberapa checkbox lalu kemudian di klik tombol submit, nilainya akan dikirim dan di proses di server lalu akan kembali menampilkan hasilnya ke user.

Cara Membuat Checkbox di PHP

Langsung saja silahkan buat sebuah file PHP dan simpan di localhost kalian. Salin program dibawah ini:

<!DOCTYPE html>
<html>
 <head>
  <title> Penggunaan Input Type Checkbox di HTML dan PHP</title>
 </head>
 <body>
   <form action="<?php echo $_SERVER["PHP_SELF"];?>" method="post">
   Pilih Hobi yang kamu suka dibawah ini : <br>
   <input type="checkbox" name="hobi[]" value="Membaca"> Membaca<br>
<input type="checkbox" name="hobi[]" value="Sepak Bola"> Sepak Bola<br>
<input type="checkbox" name="hobi[]" value="Programming"> Programming<br> 
    <input type="submit" value="Submit">
  </form>
  
  <?php
     //Mengecek apakah ada nilai hobi yang dikirim dari form
    if (isset($_POST['hobi'])) {

        $hobi=$_POST['hobi'];
		echo "<br>";
        for ($i=0; $i < count($hobi) ; $i++){
            echo $hobi[$i]."<br>";
        }
    }
  ?>
 </body>
</html>

Hasil Output:

Penjelasan Sintak:

Pada sintak diatas kita membuat 3 pilihan checkbox sederhana dengan menggunakan form yang nilainya dikirim ke server dengan menggunakan variabel global $_SERVER[“PHP_SELF”] dengan teknik ini proses akan dieksekusi pada file itu sendiri tanpa harus berpindah pada halaman lainnya. Method yang kita gunakan disini adalah method POST, kalian bisa juga mengganti dengan method GET.

Baca : Perbedaan method POST dan GET

Terdapat 3 buah checkbox dengan name yang sama yaitu hobi[]. Ini merupakan penamaan dengan array (larik) yang nantinya setiap nilai checkbox akan disimpan didalam array tersebut. Untuk mengambil nilai kita gunakan perulangan untuk mengakses setiap index array.

Baca juga : Array 2 dimensi PHP

Perintah untuk menampilkan nilai array akan di eksekusi saat kondisi terpenuhi. yang mana kita mengecek dengan fungsi isset() untuk mengecek apakah ada nilai yang dikirim dari method post dengan nama hobi? Jika kondisi terpenuhi barulah perintah dijalankan.

Untuk menampilkan nilai checkbox yang dipilih kita gunakan perulangan for. Dinama jumlah perulangan akan dihitung dengan fungsi count pada variabel hobi. Kemudian dilakukan perulangan untuk menampilkan nilai pada variabel array $hobi dengan mengakses index pada array tersebut.

Lainnya : Perulangan di PHP

Kesimpulan

Demikian pembahasan kali ini mengenai cara menggunakan checkbox di PHP. Semoga dapat membantu dan menjadi referensi belajar teman-teman semua. Terimakasih