Cara Import dan Export Data di PostgreSQL

Halo sahabat programmer, kali ini kita akan belajar cara import dan export data di database postgreSQL. Seperti yang kita ketahui ketika kita mempunyai data dengan jumlah yang banyak, sangat tidak efisien jika kita input satu per satu kedalam tabel didatabase. Oleh sebab itu kita bisa memanfaatkan fitur import data yang dapat dilakukan dengan cara mennyiapkan data dari excel dan disimpan dalam bentuk extensi .csv kemudian di import kedalam tabel didalam database postgreSQL.

Fitur Export juga sangat berguna ketika kita ingin mendownload data yang ada didalam database. Data yang di export akan di konversi kedalam bentuk file CSV (Comma Separated Values).

Artikel Terkait : Cara instal PostgreSQL di windows 10

File dengan format CSV biasanya digunakan untuk format dalam database, dimana setiap baris/records akan di pisahkan dengan tanda koma atau titik koma. Format ini dapat dibuka diberbagai text editor seperti notepad, wordpad maupun aplikasi MS Excel. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cara import dan export data di database postgreSQL.

Sebagai bahan tutorial kali ini saya sudah membuat sebuah tabel mahasiswa dalam database akademik. Struktur tabel tersebut seperti berikut:

struktur tabel

Silahkan kalian buat dulu database dan tabelnya ya, atau kalian bisa langsung menyesuaikan dengan kasus kalian masing-masing.

Baca juga : Cara membuat database PostgreSQL

Cara Import Data di PostgreSQL

Tahap pertama kita siapkan dulu data yang akan di import. Buat datanya di MS Excel pastikan jumlah kolom disesuaikan (harus sama) dengan kolom yang ada didalam tabel mahasiswa di database.

Didalam tabel mahasiswa terdapat 5 kolom:

  1. nim
  2. nama
  3. jenis_kelamin
  4. tanggal_lhr
  5. jurusan

Maka, kita buat data mahasiswa nya terlebih dahulu didalam MS Excel seperti berikut:

Simpan file tersebut kedalam bentuk format CSV.

Kemudian selanjutnya masuk ke aplikasi pgAdmin dan buka database akademik. pada tabel mahasiswa klik kanan lalu pilih Import/Export…

Akan muncul dialog box seperti pada gambar dibawah ini:

langkah import data di postgreSQL
  • Pada bagian Import/Export pilih Import
  • Pada filename silakan pilih file mahasiswa.csv yang telah kita buat sebelumnya di MS Excel
  • Karena data yang kita buat pada file excel menggunakan header pada baris cell yang pertama maka kita harus pilih Yes pada option header.
  • Jika pada file excel kalian tidak membuat header tersebut maka pilih No.
  • Terakhir pada Delimiter pilih titik koma (;) delimiter ini adalah tanda yang digunakan untuk membatasi antara baris cell yang satu dengan baris cell lainnya.
  • Jika sudah sesuai klik tombol Ok.

Bila berhasil maka akan muncul pemberitahuan seperti pada gambar diatas.

Bila kita cek pada tabel mahasiswa, data yang di import dari file csv tersebut sudah tersimpan

Selesai sudah cara import data di database postgreSQL. Sekarang kita lanjut ke tutorial kedua untuk export data.

Cara Export Data di PostgreSQL

Kebalikan dari tutorial yang pertama, dimana data dari sumber luar dimasukan kedalam. Tutorial kedua sumber data dari dalam database postgreSQL di export atau download. Caranya sangat mudah ikuti langkah-langkah dibawah ini:

Buat sebuat query untuk menampilkan data yang akan di export. Pada contoh ini saya membuat query untuk menampilkan semua data pada kolom didalam tabel mahasiswa. dengan query berikut:

select * from mahasiswa

Kalian bisa gunakan query lain misalnya hanya ingin menampilkan kolom tertentu saja juga bisa.

Untuk Meng export data berdasarkan query, cukup kalian jalankan query tersebut lalu klik tombol download as csv. Seperti pada gambar berikut:

Export data di postgreSQL

Ketika kalian menekan tombol Download maka sistem akan langsung mendownload dan akan tersimpan dalam bentuk file csv. Bila kalian membuka secara langsung file hasil export tersebut dengan menggunakan MS Excel maka data yang ditampilkan akan seperti berikut:

Karena file nya masih dalam format bentuk CSV maka tentu kita tidak bisa membuka secara langsung. Untuk membukanya ikuti langkah-langkah berikut:

Membuka file csv di excel

Pada menu excel pilih Data kmudian klik From Text

Pilih file dari hasil download an dari pgAdmin tersebut. Klik Import.

Selanjutnya pilih Delimited, lalu klik next.

Centang pada check box Comma (wajib) dan tab (optional) lalu klik next

Selanjutnya pilih General untuk menentukan format data pada setiap kolom. namun beberapa kasus untuk karakter yang panjang sebaiknya pilih Text.

Selanjutnya ada pemberitahuan untuk menampilkan data pada lembar kerja excel yang tersedia. Klik saja OK.

export data berhasil

Selesai sudah tutorial untuk cara export data di database postgreSQL. Mungkin beberapa dari kalian akan mengalammi kendala saat mengikuti tutorial diatas. So kalian bisa bertanya melalui kolom komentar dibawah postingan ini.