Cara Backup dan Restore Database PostgreSQL

Halo Sahabat Kelas Programmer, kembali lagi kali ini saya akan menshare tentang cara backup dan restore database postgreSQL melalui aplikasi pgAdmin 4. Terkadang saat kita membuat suatu aplikasi dengan menggunakan database maka perlu untuk dapat dilakukan backup dan restore. Hal ini agar supaya terhindar dari kehilangan atau

Baca juga : Cara membuat database di postgreSQL

Cara Backup Database PostgreSQL

  • Langkah pertama buka aplikasi pgAdmin, disini saya telah menggunakan versi 4.
  • Klik pada server, kemudian pilih Database. Dapat dilihat pada list database diatas berjumlah 6. Saya akan mencontohkan untuk membackup database akademik.
  • Klik kanan pada database akademik lalu pilih backup
  • Akan muncul Box dialog untuk mendeskripsikan database yang akan di backup.
  • Pada bagian Filename masukan nama file backup databasenya, Setelah itu kemudian langsung klik tombol Backup.
  • Kemudian sistem akan mulai melakukan backup. Tunggu hingga proses selesai ditandai dengan pemberitahuan Successfully Completed berwarna hijau.
  • Untuk melihat file dari hasil backup database, bisa kita lihat di dalam folder Documents.

Cara Restore Database PostgreSQL

Berdasarkan hasil backup database akademik, yang telah kita buat diatas, kita akan pelajari lagi untuk restore database tersebut.

Tahap pertama kita siapkan file backup database yang akan kita restore, kemudian kita buat database baru untuk import data dari file backup database tersebut.

Setelah membuat database db_akademik, selanjutnya klik kanan pada database db_akademik lalu pilih restore

Akan muncul Dialog Box Untuk restore database. Pada Tab General di bagian file name silahkan klik tombole explore di paling kanan.

Kemudian Pilih file db_akademik dari hasil backup diatas. Perlu diperhatikan sebelumnya hasil backup akan tersimpan di foder Documents, setelah itu saya pindahkan ke disk D:\database\. Alasannya agar mudah saat pemilihan file db-nya.

Kemudian setelah itu pilih All Files untuk formatnya, lalu akan muncul file db_akademik. Klik pada file tersebut lalu klik tombol Select.

Selanjutnya akan kembali pada halaman restore dengan filename yang sudah dipilih. Klik tombol Restore.

Proses restoring akan berjalan. Tunggu hingga selesai. Jika berhasil akan muncul pemberitahuan Successfully completed.

Untuk mengecek apakah sudah berhasil dilakukan restore databasenya. Lihat pada tabelnya sudah terdapat 4 tabel yang di restore dari database akademik.

Artikel Lainnya : Cara instal postgreSQL di windows 10

Sekian tutorial kali ini mengenai Cara backup dan restore database di postgreSQL. Semoga bermanfaat buat teman-teman semua. Silahkan tulis komentar kalian dibawah ini jika mengelami kendala atau mungkin hal lain yang ingin ditanyakan.